Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Waduk Cirata yang Wajib Dicoba

2
×

Wisata Kuliner Waduk Cirata yang Wajib Dicoba

Share this article

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata yang indah dan menarik di Indonesia, Purwakarta bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi. Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Purwakarta!

Waduk Cirata

Waduk Cirata

Waduk Cirata adalah sebuah waduk yang terletak di Cipeundeuy, Purwakarta, Jawa Barat. Waduk ini memiliki luas sekitar 62 km2 dan digunakan untuk irigasi pertanian, pembangkit listrik, dan pariwisata. Anda bisa menikmati pemandangan indah di sekitar waduk sambil menikmati segarnya udara pegunungan.

Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Desa Cibolang, Purwakarta. Sebelum menjadi situs sejarah, Sanghyang Tikoro merupakan tempat ibadah bagi masyarakat Purwakarta. Situs sejarah ini memiliki bentuk seperti piramida dan terdapat peninggalan batu bertuliskan aksara Sunda Kuno. Dalam acara pepujian Sanghyang Tikoro, para penari akan menarikan tarian khas Purwakarta yaitu tari topeng Cirebonan.

Cikalong Wetan

Cikalong Wetan

Cikalong Wetan adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cikalong, Purwakarta. Desa ini terkenal dengan kerajinan tenunnya yang sangat indah dan unik. Anda bisa mengunjungi Sentra Kerajinan Tenun di Cikalong Wetan untuk menyaksikan langsung proses pembuatan kain tenun dari serat kain yang dipintal dengan tangan dan menggunakan mesin tradisional.

Bukit Buntu

Bukit Buntu

Bukit Buntu adalah sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Bagulu, Purwakarta. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan udara yang sejuk dan segar. Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Cikuray, Gunung Guntur, dan Gunung Papandayan dari puncak Bukit Buntu.

Curug Orok

Curug Orok

Curug Orok adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Ciparay, Purwakarta. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan airnya yang jernih. Di sekitar air terjun, terdapat bebatuan yang terjal dan pepohonan yang hijau. Anda bisa berwisata air terjun sambil menikmati alam yang asri dan tenang.

Pemandangan Gunung Haruman

Pemandangan Gunung Haruman

Gunung Haruman adalah sebuah gunung yang terletak di wilayah Purwakarta. Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Haruman dari beberapa lokasi di sekitarnya. Beberapa wisatawan juga suka hiking ke puncak gunung ini untuk menikmati pemandangan yang lebih indah dari atas.

Itulah beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat berada di Purwakarta. Selain itu, terdapat pula kuliner khas Purwakarta yang tidak kalah lezat seperti nasi tiwul, tahu gejrot, dan sate kelinci. Jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehatan selama traveling di masa pandemi ini. Selamat berwisata!

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *