Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Ramadhan Jogja yang Wajib Dicoba

2
×

Wisata Kuliner Ramadhan Jogja yang Wajib Dicoba

Share this article

Kuliner khas Ramadhan di Indonesia memang selalu menjadi magnet bagi para pelancong dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu pasar yang paling terkenal di Jawa Timur adalah Pasar Dadakan di Mojoagung. Selain menyajikan makanan lezat, pasar ini juga menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan yang datang.

Gambaran Umum Pasar Dadakan

Pasar Dadakan Mojoagung

Pasar Dadakan terletak di daerah Mojoagung, Jombang, dan dikenal sebagai destinasi kuliner populer selama bulan Ramadhan. Pasar Dadakan buka setiap malam hari selama bulan Ramadhan. Selain para pedagang makanan, pengunjung juga dapat menikmati hiburan, seperti acara musik dan kegiatan budaya, melukis henna, dan berbelanja pakaian tradisional.

Menu Kuliner Terbaik

Menu Kuliner

Saat Anda berkunjung ke Pasar Dadakan, jangan lewatkan untuk mencoba makanan khas Ramadan seperti Nasi Kebuli, Sate Madura, Sop Buntut, Tahu Tek, hingga Bubur Sumsum. Nasi Kebuli adalah salah satu menu utama yang tidak boleh Anda lewatkan. Nasi Kebuli biasanya disajikan dengan ayam atau daging kambing, dan diberi aroma harum dari kismis dan bawang goreng. Sate Madura juga menjadi favorit di sini. Dengan bumbu kacang yang kaya dan daging ayam yang empuk, sate ini sangat cocok sebagai makanan penutup setelah makan nasi kebuli.

Keunikan Pasar Dadakan

Keunikan Pasar Dadakan

Seperti namanya, Pasar Dadakan adalah ‘pasar dadakan’ yang dibangun tepat di atas rel kereta api. Selama bulan Ramadhan, kereta tidak berjalan di jalur ini, yang memungkinkan pasar untuk beroperasi. Terdapat beberapa panggung kecil yang menyajikan berbagai pertunjukan, seperti musik tradisional dan modern dan tari-tarian. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan seperti permainan rakyat dan pertunjukan pembukaan karnaval.

Tips Berkunjung

Tips Berkunjung

Untuk menikmati pengalaman Pasar Dadakan sepenuhnya, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, datanglah lebih awal karena pasar ini sangat ramai pada malam hari. Kedua, hindari membawa kendaraan pribadi karena parkiran sangat terbatas di lingkungan pasar. Ketiga, jangan lupa membawa uang tunai karena kebanyakan pedagang tidak menerima pembayaran non-tunai. Terakhir, jangan takut mencicipi makanan, karena Pasar Dadakan sangat terkenal dengan makanan lezat dan uniknya.

Mojoagung, Pasar Dadakan adalah tempat yang sempurna untuk menikmati kuliner khas Ramadhan sambil menikmati hiburan budaya yang menarik. Pasar Dadakan menarik ribuan pelancong dari seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri saat bulan Ramadhan. Tak heran jika Pasar Dadakan menjadi destinasi wisata kuliner yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi kuliner Indonesia dengan cara yang unik dan berbeda.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *