Wisata Kuliner

Wisata Kuliner Enak Di Cianjur yang Menakjubkan

2
×

Wisata Kuliner Enak Di Cianjur yang Menakjubkan

Share this article

Setiap area di Indonesia selalu memiliki kelebihan dan ciri khasnya sendiri. Di Cianjur, Jawa Barat, selain dikenal dengan sejuknya udara pegunungan dan keindahan alamnya, Cianjur juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menggiurkan untuk dicicipi. Berikut adalah 11 wisata kuliner di Cianjur yang enak dan wajib Anda coba.

Wisata Kuliner Cianjur

Sayuran Asem

Salah satu hidangan khas yang populer di Cianjur adalah sayur asem. Hidangan ini terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, jagung, nangka muda, kangkung, dan sayuran lainnya. Hidangan tersebut biasanya dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan asam jawa untuk memberikan rasa yang segar dan asam. Anda dapat menikmati sayur asem di warung-warung makan dan rumah makan di seluruh kota.

Ketan Bakar

Ketan bakar adalah hidangan yang populer di Cianjur. Hidangan ini terbuat dari ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan diberi bumbu. Kemudian ketan tersebut dibungkus dalam daun pisang dan dibakar di atas bara api. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal kacang atau kecap manis. Rasanya sangat lezat dan cocok untuk disantap sebagai makanan ringan di siang hari.

Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah hidangan khas dari daerah Cianjur yang terkenal. Hidangan ini terdiri dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil, kemudian dibumbui dengan bawang putih, merica, dan rempah-rempah khas. Setelah itu, daging sapi tersebut ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar di atas bara api hingga matang. Sate Maranggi biasanya disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal kacang. Rasanya sangat lezat dan cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Combro

Combro adalah makanan tradisional dari Cianjur yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan potongan singkong dan diberi bumbu. Kemudian, makanan tersebut dibentuk seperti bola dan digoreng hingga matang. Combro biasanya disajikan dengan sambal kacang atau sambal terasi. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan camilan ketika sedang berjalan-jalan di sekitar kota.

Soto Cianjur

Soto Cianjur adalah hidangan khas dari daerah Cianjur yang terkenal. Hidangan ini terdiri dari daging ayam yang disajikan dengan kuah kaldu ayam hangat yang disiram di atas mie kuning dan tauge. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan kerupuk, perkedel kentang, dan irisan jeruk nipis. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan menu sarapan atau makan siang.

Pisang Molen

Pisang Molen adalah makanan khas dari Cianjur yang legendaris. Makanan ini terkenal karena kulit pastelnya yang renyah dan rasanya yang manis dari isian pisang. Biasanya, pisang molen dapat ditemukan di toko kue khas Cianjur atau toko kue yang berada di sekitar kota.

Sate Kalong

Selain Sate Maranggi, Sate Kalong juga menjadi populer di Cianjur. Sate Kalong terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dibumbui dengan bumbu rempah-rempah dan kemudian ditusuk dengan tusuk sate. Yang membuat Sate Kalong berbeda dengan sate lainnya adalah ukuran tusuk sate yang lebih panjang dan mampu menampung lebih banyak daging. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan menu untuk mengisi perut ketika malam hari.

Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah makanan khas dari Cianjur yang terkenal. Makanan ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Nasi tersebut disajikan dengan pelengkap seperti daging ayam, ikan asin, sayur labu siam, sambal, dan kerupuk. Rasanya sangat nikmat dan cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam bersama keluarga.

Bakso Tahu

Bakso Tahu adalah hidangan yang populer di Cianjur. Hidangan ini terdiri dari bakso yang terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan tepung sagu dan bumbu rempah-rempah. Kemudian, bakso tersebut dicampur dengan tahu yang telah direbus dan diberi kuah kaldu dan bumbu kacang. Bakso tahu biasanya disajikan dengan mie kuning atau mie putih. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan menu kedai kopi atau makan siang ketika sedang berada di Cianjur.

Botok Tahu

Botok Tahu adalah hidangan khas dari Cianjur. Hidangan ini terdiri dari potongan ikan teri dan tahu yang dibungkus dengan daun pisang dan diberi bumbu rempah-rempah. Kemudian, hidangan tersebut dikukus hingga matang dan disajikan dengan sambal kacang atau sambal terasi. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan menu hidangan utama saat makan malam.

Pindang Ikan

Pindang Ikan adalah hidangan khas dari Cianjur. Hidangan ini terdiri dari potongan ikan yang dimasak dengan aneka rempah-rempah seperti bawang putih, kunyit, jahe, dan daun jeruk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan. Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam.

Selain itu, masih banyak lagi kuliner khas yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Cianjur seperti tahu gejrot, dodol garut, oncom leunca, dan masih banyak lagi. Segeralah merencanakan liburan Anda ke Cianjur dan nikmati kelezatan kuliner khas daerah ini. Selamat berlibur dan jangan lupa selalu mencicipi kuliner khas setiap daerah yang dikunjungi.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *