Wisata Kuliner

Mengungkap Kelezatan Wisata Kuliner di Kuningan, Jawa Barat

3
×

Mengungkap Kelezatan Wisata Kuliner di Kuningan, Jawa Barat

Share this article

Mengungkap Kelezatan Wisata Kuliner di Kuningan, Jawa Barat

Kuningan, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Barat, memiliki potensi besar dalam hal wisata kuliner. Dikenal sebagai salah satu daerah penyangga ibu kota, Kuningan memiliki beragam hidangan lezat yang patut dicoba oleh para wisatawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tempat kuliner terbaik di Kuningan yang wajib dikunjungi.

1. Sate Maranggi Cibungur

Salah satu hidangan yang paling terkenal di Kuningan adalah Sate Maranggi Cibungur. Hidangan ini merupakan sate daging sapi yang disajikan dengan bumbu khas seperti kecap manis, bawang merah, dan sambal. Kelezatan sate maranggi ini membuatnya menjadi menu favorit masyarakat lokal maupun wisatawan.

2. Batagor Haji Isan

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Hidangan ini terdiri dari adonan bakso ikan yang dimasak dengan cara digoreng dan disajikan bersama tahu goreng serta saus kacang khas. Di Kuningan, Batagor Haji Isan menjadi salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan ini. Rasanya yang gurih dan tekstur renyah membuatnya jadi favorit banyak orang.

3. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah nasi putih yang dicampur dengan oncom parut dan bumbu rempah seperti bawang merah, cabai, dan terasi. Hidangan ini biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng atau ikan bakar. Rasanya yang unik dan gurih membuat nasi tutug oncom menjadi hidangan khas Kuningan yang patut dicoba.

4. Pindang Serani

Pindang serani adalah hidangan sup ikan yang populer di Kuningan. Sup ini terbuat dari ikan nila atau ikan mas yang direbus dengan tambahan bumbu rempah seperti serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Rasanya yang segar dan kuahnya yang gurih menjadikan pindang serani favorit banyak orang di Kuningan.

5. Soto Kuningan

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kuningan tanpa mencicipi soto kuningannya yang terkenal. Soto kuningan adalah hidangan sup daging sapi dengan kuah kuning khas rempah seperti kunyit, jahe, dan merica. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, emping, dan kerupuk sebagai pelengkap.

Mencicipi kelezatan wisata kuliner di Kuningan merupakan pengalaman tak terlupakan bagi para pecinta kuliner. Hidangan-hidangan tersebut merepresentasikan kekayaan budaya dan rasa khas dari daerah Jawa Barat ini.

Dalam artikel ini telah dipaparkan beberapa tempat kuliner terbaik di Kuningan, Jawa Barat. Di antara hidangan-hidangan tersebut adalah Sate Maranggi Cibungur yang lezat, Batagor Haji Isan dengan rasa gurihnya, Nasi Tutug Oncom yang unik dan gurih, Pindang Serani yang segar dan gurih, serta Soto Kuningan yang terkenal dengan kuah kuningnya.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengeksplorasi kelezatan wisata kuliner di Kuningan, pastikan untuk mencoba hidangan-hidangan di atas. Selamat menikmati!

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *