Wisata Kuliner

Mencicipi Kelezatan Wisata Kuliner Tuban

4
×

Mencicipi Kelezatan Wisata Kuliner Tuban

Share this article

Tuban, sebuah kota kecil di Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang menarik tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Bagi para pecinta kuliner, Tuban merupakan surga untuk menjelajahi berbagai hidangan nikmat yang tak bisa diragukan lagi.

Salah satu hidangan khas yang wajib dicoba adalah “Kupang Lontong”. Hidangan ini terdiri dari kupang (sejenis kerang), sayuran hijau, dan bumbu rempah-rempah seperti kemiri, cabai, dan jahe. Semua bahan tersebut kemudian diolah menjadi kuah gurih yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Kupang Lontong bisa ditemukan di banyak warung makan atau pedagang kaki lima di Tuban.

Selain itu, jangan lewatkan juga “Nasi Pecel Pak Mukidi”. Nasi pecel adalah hidangan nasi dengan berbagai pilihan sayuran seperti kangkung, bayam, daun singkong, tempe goreng, dan tahu goreng. Semua ditambah dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan dilengkapi dengan rempeyek sebagai pelengkapnya. Rasanya yang lezat dan tekstur yang nikmat membuat Nasi Pecel Pak Mukidi menjadi salah satu menu favorit para wisatawan saat berkunjung ke Tuban.

Bagi pecinta jajanan pasar tradisional, ada satu hidangan yang perlu Anda coba yaitu “Keripik Rambak Gendar”. Keripik rambak terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang diolah dengan cara digoreng hingga kering dan renyah. Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang di Tuban. Anda dapat mencicipi keripik rambak ini di berbagai toko oleh-oleh khas Tuban.

Selain hidangan-hidangan tersebut, Tuban juga memiliki beragam makanan laut segar yang tak boleh dilewatkan. Ikan Bakar Bu Candra misalnya, menyajikan ikan bakar dengan cita rasa yang lezat dan daging ikan yang lembut. Anda juga bisa mencoba hidangan laut lainnya seperti kepiting saus padang, udang goreng tepung, atau kerang saus tiram.

Dalam perjalanan kuliner Anda di Tuban, jangan lupakan untuk mencicipi minuman khasnya yaitu “Wedhang Ronde”. Wedhang Ronde adalah minuman hangat berbasis air jahe dengan tambahan bola-bola ketan hitam dan isian seperti kacang tanah, wijen, dan gula merah cair. Minuman ini akan membantu menghangatkan tubuh Anda saat menikmati kelezatan kuliner Tuban.

Secara keseluruhan, Tuban adalah tempat yang cocok bagi para pecinta kuliner untuk memanjakan lidah mereka dengan aneka hidangan lezat. Dari kupang lontong hingga nasi pecel pak Mukidi, keripik rambak hingga hidangan laut segar, serta wedhang ronde sebagai penutupnya. Jelajahi kelezatan wisata kuliner di Tuban dan nikmatilah pengalaman kuliner yang tak terlupakan di kota ini.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *