Wisata Kuliner

Kudus: Wisata Kuliner yang Menggoyang Lidah

2
×

Kudus: Wisata Kuliner yang Menggoyang Lidah

Share this article

Kudus: Wisata Kuliner yang Menggoyang Lidah

Kudus merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang menjadi tujuan wisata kuliner bagi banyak orang. Kota ini terkenal dengan berbagai hidangan khas yang menggoyang lidah seperti Soto Kudus, Nasi Gandul, dan Kerupuk Lanting.

Berikut daftar beberapa hidangan khas Kudus yang wajib dicoba:

1. Soto Kudus

Soto Kudus adalah salah satu hidangan paling terkenal di kota ini. Dibuat dari kaldu ayam yang bening dan diberi taburan bawang goreng serta potongan daging ayam yang empuk, membuat citra rasanya menjadi sangat spesial.

2. Nasi Gandul

Nasi Gandul adalah hidangan nasi campur dengan lauk-pauk seperti sate usus, paru goreng, telur pindang dan kuah gulai sapi atau kambing. Hidangan ini biasanya disajikan dalam daun pisang dan mempunyai cita rasa yang sangat lezat.

3. Kerupuk Lanting

Kerupuk Lanting adalah kerupuk udang tipis dengan rasa pedas dan gurih. Cita rasa kerupuk ini akan memanjakan lidah penyuka makanan pedas.

4. Jadah Manten

Jadah Manten merupakan ketan hitam dengan isi kelapa gula merah dan kemudian dibungkus lembaran daun pisang lalu dibakar hingga matang sempurna.

5. Gundhul Pacriem

Gundhul Pacriem merupakan jajanan tradisional berupa jenang jagung yang dicampur kelapa parut. Jajanan ini enak untuk dijadikan cemilan saat perjalanan.

Kota Kudus juga memiliki banyak kedai kuliner yang menawarkan hidangan-hidangan tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke kota ini untuk menikmati kuliner Kudus. Wisata kuliner di Kudus pasti akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan kepada para pengunjungnya.

Ringkasan:

Kudus adalah kota kecil di Jawa Tengah, yang menawarkan wisata kuliner dengan berbagai macam hidangan khas seperti Soto Kudus, Nasi Gandul, Kerupuk Lanting, Jadah Manten dan Gundhul Pacriem. Kota ini juga memiliki banyak kedai kuliner yang menyajikan hidangan-hidangan tersebut dengan harga terjangkau. Wisata kuliner di kota Kudus pasti akan membuat pengunjung merasakan cita rasanya yang spesial dan memberikan kesan tak terlupakan bagi para wisatawan.

Kuliner Indonesia Kaya: Kuliner Kudus
Kudus merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang kerap disebut sebagai Kota Kretek. Namun, nyatanya sebelum dikenal sebagai Kota Kretek, Kudus lebih dulu terkenal akan sapaan Kota Batik. Saat ini Kudus pun terkenal akan kulinernya yang melegendaris. Sebut saja mulai dari jenang, jangklong, garang asem, soto jangkrik, hingga opor …
Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *