Wisata Kuliner

Delapan Jajanan Lezat di Jogja yang Wajib Dicicipi

4
×

Delapan Jajanan Lezat di Jogja yang Wajib Dicicipi

Share this article

Jogja, atau yang sering disebut dengan Yogyakarta, adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Banyak jajanan lezat yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menggambarkan keanekaragaman budaya dan cita rasa Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan membahas delapan jajanan khas Jogja yang wajib dicicipi.

1. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam kecap manis dan rempah-rempah khas. Rasanya manis dan gurih, dengan tekstur daging nangka yang lembut. Makanan ini biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam suwir, telur pindang, tahu, dan sambal krecek.

2. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah mi khas Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Mi ini berbeda dengan mi pada umumnya karena menggunakan bumbu rempah-rempah tradisional seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kencur. Biasanya disajikan dengan topping petis udang, irisan ayam suwir, sayuran hijau, serta kerupuk.

3. Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate daging sapi yang dipotong tebal dan dibumbui dengan rempah tradisional seperti serai (sereh) dan jahe, lalu dipanggang di atas arang. Dagingnya sangat empuk dan memiliki cita rasa yang khas. Sate klathak juga disajikan dengan sambal khas Jogja yang pedas dan gurih.

4. Kipo

Kipo adalah jajanan tradisional asli Jogja yang terbuat dari adonan tepung ketela pohon, kelapa parut, dan gula. Rasanya manis dengan tekstur kenyal dan lembut. Biasanya ditemukan dalam bentuk bulat kecil berwarna hijau muda. Kipo merupakan oleh-oleh khas Jogja yang sangat populer.

5. Soto Gudeg

Soto Gudeg adalah perpaduan antara hidangan soto (sup) dengan gudeg. Kuahnya terbuat dari kaldu ayam yang kaya rempah-rempah, sedangkan isinya terdiri dari daging ayam suwir, nangka muda, serta bahan-bahan soto seperti bihun, tauge, dan telur rebus. Soto Gudeg sangat lezat dan cocok dinikmati sebagai hidangan hangat.

6. Geplak

Geplak adalah jajanan tradisional berbahan dasar kelapa parut yang dicampur dengan gula merah cair hingga membentuk adonan padat seperti permen padat atau manisan. Geplak memiliki rasa manis legit dengan aroma kelapa yang khas.

7. Kopi Joss

Kopi Joss merupakan minuman kopi khas Jogja yang unik karena memiliki tambahan arang panas ke dalam gelas kopi panas. Proses ini memberikan sensasi unik dan kopi yang lebih kuat. Kopi Joss dapat dinikmati dengan atau tanpa gula sesuai dengan selera masing-masing.

8. Es Krim Pak Pong

Es Krim Pak Pong adalah tempat terkenal di Jogja untuk mencari es krim yang lezat dan unik. Terdapat berbagai macam rasa es krim yang disajikan dengan topping seperti kelapa parut, bubuk kacang hijau, cokelat, dan stroberi. Es krim berkualitas tinggi ini menggunakan bahan-bahan segar dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang otentik.

Jogja adalah surganya kuliner tradisional Indonesia. Dalam artikel ini, kami telah membahas delapan jajanan lezat yang wajib dicicipi saat mengunjungi Jogja. Mulai dari Gudeg, Bakmi Jawa, Sate Klathak, hingga Es Krim Pak Pong, setiap hidangan memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Pastikan Anda mencoba setiap jajanan ini untuk merasakan kelezatan sejati Jogja!

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *