Wisata Kuliner

Cicipi Kelezatan Kuliner Surabaya yang Menggugah Selera

4
×

Cicipi Kelezatan Kuliner Surabaya yang Menggugah Selera

Share this article

Surabaya merupakan kota yang kaya akan kelezatan kuliner. Terletak di Jawa Timur, kota ini menawarkan beragam hidangan lezat yang unik dan menggugah selera. Dari hidangan tradisional hingga makanan modern, Surabaya memiliki sesuatu untuk semua orang.

Salah satu hidangan terkenal di Surabaya adalah rujak cingur. Rujak cingur terdiri dari campuran sayuran segar seperti timun, tauge, dan kangkung yang disajikan dengan tambahan daging sapi yang dimasak dengan kaldu. Rasa gurih dari kuahnya dan kelezatan daging sapi membuat rujak cingur menjadi hidangan favorit bagi banyak orang.

Selanjutnya, ada rawon – sejenis sup daging hitam yang terbuat dari bumbu rempah khas seperti keluwak. Rawon memiliki cita rasa khas dan kuahnya yang pekat serta daging empuk, menjadikannya seporsi hidangan wajib bagi para pecinta kuliner.

Tidak hanya itu, nasi tumpeng juga menjadi pilihan populer di Surabaya. Nasi tumpeng adalah sejenis nasi kuning berbentuk kerucut dengan lauk pauk di sekelilingnya. Biasanya nasi tumpeng disajikan dalam acara-acara seremonial atau perayaan tertentu seperti ulang tahun atau pernikahan. Namun saat ini, nasi tumpeng juga tersedia di restoran-restoran sebagai hidangan spesial.

Jika Anda suka seafood, tidak boleh melewatkan hidangan khas Surabaya, pecel semanggi. Pecel semanggi adalah hidangan sayuran segar yang disajikan dengan sambal kacang yang kaya akan aroma dan cita rasa. Ditambah dengan lauk tambahan seperti ikan, rempeyek, atau tahu, pecel semanggi menjadi hidangan yang menggugah selera dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, ada juga lontong balap – hidangan tradisional Surabaya yang terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, suwiran ayam, dan lentho (bakwan jagung). Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah bumbu kacang yang khas. Lontong balap memiliki kombinasi rasa gurih dan pedas yang menggugah selera.

Terakhir, jangan lewatkan jajanan pasar legendaris asal Surabaya yaitu klepon. Klepon adalah bola-bola ketan berisi gula merah encer di tengahnya dan dilumuri kelapa parut. Ketika digigit, klepon melepas sensasi manis gula merah yang enak serta tekstur kenyal ketan yang lezat.

Dalam rangkaian artikel ini kita telah membahas beberapa kelezatan kuliner Surabaya. Dari rujak cingur hingga klepon, setiap makanan ini mempunyai daya tariknya sendiri dan pastinya akan membuat lidah Anda bergoyang! Jadi jika Anda sedang berkunjung ke Surabaya atau mencari pengalaman kuliner baru, jangan ragu untuk mencoba hidangan-hidangan yang telah disebutkan. Selamat menikmati kuliner Surabaya yang menggugah selera!

Pada artikel ini, kita telah membahas beberapa kelezatan kuliner Surabaya yang menggugah selera. Mulai dari rujak cingur, rawon, nasi tumpeng, pecel semanggi, lontong balap, hingga klepon. Setiap hidangan memiliki cita rasa khasnya sendiri dan menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan di kota ini. Jadi, tunggu apa lagi? Sambangi Surabaya dan nikmati beragam hidangan lezatnya sekarang juga!

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *