Wisata Kuliner

Surabaya: Mengeksplor Wisata Kuliner Unik!

6
×

Surabaya: Mengeksplor Wisata Kuliner Unik!

Share this article

Surabaya: Mengeksplor Wisata Kuliner Unik!

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, terkenal tidak hanya dengan kekayaan sejarah dan budayanya, tetapi juga dengan warisan kuliner yang kaya. Kota ini menawarkan berbagai macam kuliner unik yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta makanan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata kuliner unik yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Surabaya.

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan khas Surabaya yang terdiri dari sayuran segar seperti timun, tauge, dan kangkung yang dicampur dengan irisan daging mulut sapi atau cingur. Sajian ini kemudian diberi bumbu petis dan sambal yang memberikan rasa pedas manis yang khas. Rujak Cingur bisa ditemukan di hampir setiap sudut kota Surabaya, tetapi salah satu tempat terbaik untuk mencobanya adalah di pasar tradisional Gang Djangkrik.

2. Rawon Setan

Rawon Setan merupakan hidangan berkuah hitam pekat yang menggunakan bumbu rempah-rempah seperti kunyit, lada hitam, dan keluak sebagai bahan utama. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan dilengkapi dengan potongan empal sapi atau telur asin untuk memberikan rasa lebih gurih. Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Rawon Setan adalah Waroeng Rawon Nguling, yang telah menjaga citra kuliner tradisional Surabaya selama lebih dari 40 tahun.

3. Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan ringan yang terdiri dari ketupat atau lontong yang disajikan dengan tauge, tahu goreng, lentho (perkedel kacang hijau), kerupuk udang, dan bawang goreng. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kacang kental yang gurih. Tempat terbaik untuk menikmati Lontong Balap adalah di Jalan Ambengan, di mana Anda akan menemukan banyak penjual makanan yang menyajikan hidangan ini dengan cita rasa yang lezat.

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi beberapa wisata kuliner unik yang harus Anda coba ketika mengunjungi Surabaya. Rujak Cingur menawarkan kombinasi segar dan pedas manis yang tak tertandingi. Rawon Setan memanjakan lidah dengan kuah hitamnya yang kaya rempah. Sedangkan Lontong Balap menggoda selera dengan komposisi lengkap dan kuah kacang gurihnya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner Surabaya saat Anda berada di sana!

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *