Wisata Kuliner

Nikmati Kelezatan Wisata Kuliner NTT

10
×

Nikmati Kelezatan Wisata Kuliner NTT

Share this article

Nikmati Kelezatan Wisata Kuliner NTT

Pulau Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan kebudayaan. Tak hanya itu, NTT juga menawarkan beragam kuliner lezat yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa hidangan khas yang dapat dinikmati saat berwisata kuliner di NTT.

1. Ikan Bakar Lombok

Ikan bakar adalah hidangan laut yang populer di banyak daerah di Indonesia, begitu pula di NTT. Hidangan ini menggunakan ikan segar yang dibakar dengan bumbu rempah khas Lombok, seperti bawang merah, cabai, dan kemangi. Rasanya gurih dan pedas membuatnya menjadi favorit bagi pecinta makanan pedas.

2. Sate Plecing

Sate Plecing adalah hidangan sate khas Bali yang juga populer di NTT. Dalam versi NTT, sate plecing terbuat dari daging sapi atau babi yang dilumuri dengan saus sambal plecing. Sausnya terdiri dari cabai rawit, tomat, bawang putih, dan kemangi sehingga memberikan rasa pedas dan segar yang menggugah selera.

3. Manuk Pansuh

Manuk Pansuh adalah hidangan ayam panggang khas Suku Dayak dengan sentuhan aroma rempah-rempah alami seperti daun pandan dan serai. Ayam dimasak dalam bambu dengan campuran bumbu tradisional Dayak dan kelapa muda. Proses memasak dalam bambu memberikan cita rasa khas yang lezat dan menarik.

4. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah makanan penutup khas NTT yang terbuat dari tepung sagu yang digoreng hingga kecokelatan. Teksturnya renyah di luar namun chewy di dalam, sekaligus manis dan gurih. Sagu lempeng sering disajikan bersama dengan kelapa parut atau madu.

Dalam perjalanan wisata kuliner di NTT, Anda tidak hanya akan dimanjakan dengan hidangan-hidangan tersebut, tetapi juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah serta kehangatan dan keramahan penduduk setempat. Nikmati suasana pulau ini sambil menjelajahi kekayaan kuliner yang ditawarkan oleh Nusa Tenggara Timur.

Rangkuman:
Artikel ini membahas tentang wisata kuliner di Nusa Tenggara Timur (NTT). Terdapat beberapa hidangan khas yang dapat dinikmati saat berwisata kuliner di daerah ini, antara lain ikan bakar Lombok, sate plecing, manuk pansuh, dan sagu lempeng. Selain menikmati kelezatan hidangan-hidangan tersebut, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan alam dan keramahan penduduk setempat saat berkunjung ke NTT.

Example 300250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *